ORESA
CARI TAHU ALGORITMA TIKTOK AGAR KONTEN KAMU VIRAL YUK
By : Admin
Diposting tanggal 11 Juli 2022 15:21
Sadar atau tidak, TikTok menjadi media sosial yang mulai digandrungi oleh orang di Indonesia saat ini, lho. Media sosial yang satu ini merupakan platform video musik dan jaringan sosial untuk para penggunanya dapat membuat hingga membagikan video pendek dengan menggunakan musik serta efek-efek yang menarik. Menurut situs Forbes, aplikasi yang lagi viral ini menjadi sosial media dengan tingkat pertumbuhan tertinggi loh. Dari aplikasi TikTok ini, banyak orang juga menjadi terkenal. Dengan penggunanya yang bervariasi dan terus bertumbuh, banyak perusahaan ternama juga akhirnya menggunakan TikTok sebagai platform pemasaran mereka, nih. Belakangan ini TikTok memang sedang ramai digandrungi oleh orang orang di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Bahkan, TikTok sendiri sampai bertengger di puncak aplikasi paling sering di-download di App Store dunia dan Indonesia. Aktivitas yang bisa dilakukan di TikTok pun cukup beragam. Mulai dari konten lip sync lagu sambil bermain ekspresi, ikutan joget yang lagi viral, melakukan challenge yang lagi tren, hingga membuat meme, nih.
Mengenal FYP For Your Page dalam algoritma TikTok
For Your Page adalah nama dari salah satu fitur khas dari aplikasi TikTok. Pada dasarnya, fungsinya tidak jauh berbeda dengan linimasa atau timeline dari kebanyakan media sosial. Jika video kalian ingin viral, maka video kalian harus berada di menu “For You” di beranda orang lain, atau followers kalian. Kalau dibandingkan dengan Instagram, halaman FYP ini mirip dengan “Explore” di Instagram. Hanya saja, jika linimasa adalah halaman yang menunjukkan unggahan dari orang-orang yang kita ikuti, FYP ini memperlihatkan unggahan secara acak sesuai dengan preferensi kita sebagai pengguna. Dengan kata lain, FYP menjadi daya tarik tersendiri dari TikTok, karena akan mempermudah kita dalam menemukan konten ataupun pembuat konten yang kita sukai. Halaman Explore maupun FYP ini berisi beberapa video dan foto yang direkomendasikan oleh algoritma media sosial tersebut. Tapi, video atau foto yang ada di halaman beranda kita itu bukan secara acak dan asal asalan. Foto dan video yang ditampilkan ini sudah disesuaikan dengan preferensi kita nih. Lalu, faktor apa saja yang menyebabkan sebuah konten untuk masuk ke dalam FYP kita?
Faktor Penentu Algoritma Konten di TikTok
Berdasarkan di website resmi Tiktok, For You Page ini mencerminkan preferensi unik untuk setiap penggunanya. Sistem di TikTok bakalan ngerekomendasiin konten dengan memberikan peringkat pada video ini berdasarkan beberapa faktor. Mulai dari minat yang dipilih dan ungkapkan secara langsung di TikTok dari awal kamu mendaftar sebagai akun baru. TikTok juga dengan pintar menyesuaikan hal-hal yang kamu nggak minati. Jadi TikTok ini bisa membentuk satu personalisasi untuk beranda For You Page kamu loh.
Interaksi Pengguna
Berbicara mengenai aspek-aspek di atas, berarti menyinggung perihal bagaimana engagement yang diraih oleh suatu konten secara umum. Seberapa banyak like dan comment yang didapat, berapa kali dibagikan oleh orang-orang, berapa banyak orang yang menonton kontennya sampai selesai, hingga berapa banyak orang yang menonton ulang konten tersebut. Semakin tinggi jumlahnya, semakin tinggi pula untuk masuk ke dalam #ForYou Page orang banyak.
Informasi Konten
Di dalam faktor informasi video ini ada banyak banget yang mempengaruhinya mulai dari caption, hingga hashtag yang digunakan dalam video tersebut.
- Hashtags
Kalo kamu awal membuka TikTok pasti sering banget lihat video yang memakai Hashtag seperti #FYP #ForYouPage #ForYou, ini salah satu cara pengguna untuk bisa masuk ke dalam page “For You”. Di gambar atas, kamu bisa melihat hashtag apa yang lagi ngetrend loh di tab discover.
- Caption
Di dalam caption ini, si pengguna bisa menuliskan dengan singkat tentang deskripsi isi video tersebut agar menarik perhatian para viewers agar dapat menonton sampai habis. Menggunakan Hashtag banyak memang akan memungkinkan video yang diupload di TikTok akan masuk ke dalam discover dan bahkan laman Fyp. Namun hal ini nggak menjamin konten kamu trending di TikTok kalau hashtag yang dipakai nggak relevan dan nggak nyambung sama isi kontennya. Usahakan hashtag yang digunakan di video TikTok kamu relevan ya dengan konten videonya agar tidak terjadi kesalahan dan malah jadi backfire terhadap kontenmu. Trik tambahan nih, coba kamu search di tab discover, hashtag apa sih yang sedang trending dan bisa banget kamu coba ikut serta. Jika kamu punya bisnis, hal ini bisa kamu gunakan untuk meningkatkan engagement bisnismu loh.
- Lagu
TikTok menyediakan opsi bagi para pembuat konten untuk dapat menggunakan suara asli dari sebuah video, atau menggunakan suara buatan orang lain sebagai voice-over. Ternyata, hal ini juga berpengaruh loh! Tentunya penggunaan audio yang sedang trending dan banyak digunakan oleh orang lainnya akan meningkatkan peluang kita untuk muncul di #ForYou Page.
Sebagai content creator, pastikan konten yang dibuat cukup menarik perhatian pengguna lain dan membuat orang penasaran. Sangat disarankan untuk buat konten yang informatif agar menambah pengetahuan audiens nih dengan cara yang seru agar nggak bosan. Selain itu, bisa juga kita membeberkan fakta unik mengenai sesuatu yang orang-orang nggak ketahui agar mereka semakin penasaran dengan konten yang akan kamu tampilkan setiap saat. Nah, diatas udah lengkap banget kan mulai dari pengenalan pada algoritma di TikTok sampai hal hal yang harus diperhatikan biar konten yang dibuat di TikTok bisa viral dan masuk laman discover atau “For You” page.
© ORESA 2024. All Rights Reserverd.